Abdussakir

Dzikir, Fikir, dan Amal Shaleh

Musik itu …, untuk UIN MALANG

Posted by abdussakir on December 13, 2008

Lagu India ini sungguh indah, enak di dengar. Musiknya menarik-narik jiwa untuk terbang menyelami rasa dan makna. Apakah saya paham arti kata-kata penyanyinya? Tidak, saya orang Madura, bukan India. Tapi mengapa batin saya terbawa haru birunya rasa yang ditebarkan melalui alunan musik dan suara penyanyi, si Lata Mengeshkar.

Saya tidak paham 100% alunan kata-kata penyanyi. Saya hanya paham rasanya. Rasa kebahagiaan. Rasa kebahagiaan yang diungkap melalui indahnya lekukan-lekukan alunan nada musik berbagai alat-alat yang sebenarnya berbeda-beda dan bersuara berbeda.

Saya mulai berpikir, bukankah kehidupan sekelompok manusia dalam satu lembaga harusnya seperti alat-alat musik ini. Harusnya, seluruh warga kampus tercinta UIN Malang ini berlaku seperti alat-alat musik ini. Biarlah masing-masing dosen, karyawan, mahasiswa, dan lainnya berbuat dan bersuara sesuai apa yang mereka mampu perbuat dan suarakan. Hanya saja, agar menjadi indah seperti musik itu, maka masing-masing perbuatan, perkataan, dan apa saja hendaknya dalam rangka menyanyikan suatu lagu yang sama. Ya, mendendangkan lagu yang sama sesuai yang terbaik yang mereka mampu. Jangan dipaksa warga kampus ini menjadi sama. Biarlah berbeda, yang harus sama adalah lagunya. Lalu, siapa yang harus menggubah lagunya, menyusun solmisasinya. Seandainya, saya menjadi komposer kampus ini. Akan saya buat suatu lagu, yang akan menjadi nyanyian bersama warga kampus untuk dikenal dan didengar di seluruh dunia ini.¬†Seandainya, …

One Response to “Musik itu …, untuk UIN MALANG”

  1. Pen Chaniago said

    musik…
    memang suatu hal menyenangkan bagi orang2 yang suka terhadpnya,tapi tidak sebaliknya…bahkan dengan musik ada yang merasa itu adalh hantu yang mnktkan, media yang menaikkan kan nafsu..benarkah demikian…????????
    pak…
    aku sepakt terbitkan terus ide2 kreatif n tilisan bapak???biar itu bukti sebagai dosen yang kreatif…sip pokoknya…tpi pak klo boleh ngusul ada forum diskusi melalui media maya pak..biar tambah seru………apalagi klo ada tentang FILSAFAT Matematika…

Leave a Reply

 
