Abdussakir

Dzikir, Fikir, dan Amal Shaleh

Ibadah: Pengalaman Bathin

Posted by abdussakir on January 2, 2009

Masih banyak di kalangan muslimin yang dalam beribadah hanya semata-mata mencari pahala. Bersedekah untuk mendapat pahala, shalat untuk mendapat pahala, puasa untuk mendapat pahala, berhaji untuk mendapat pahala, mengaji al-Qur’an untuk mendapat pahala, dan lainnya. Setelah pahalanya menumpuk, maka kemudian mengharap dapat masuk surga. Begitu sederhananya.

Kalau ibadah hanya untuk mendapat pahala, untuk apa bersusah payah. Lakukan saja politik dalam ibadah. Tidak perlu capek-capek membaca al-Qur’an 30 juz, karena pahalanya sama dengan hanya membaca surat al-Ikhlash 3 kali. Tak perlu capek dan keluar uang banyak untuk berhaji, karena pahalanya sama dengan hanya memandang orang tua (ibu atau bapak) dipenuhi rasa kasih sayang. 100 kali memandang orang tua (ibu atau bapak), maka tercatat 100 kali haji mabrur. Tak perlu capek membaca subhanallah jutaan atau milyaran kali, karena pahalanya sama dengan hanya membaca subhanallah ‘adada ma khalaqallahu 1 kali. Tidak perlu capek-capek shalat malam semalam suntuk, karena pahalanya sama dengan hanya tafakkur atas ciptaan Allah 1 saat. Itu contoh, kalau ibadah itu hanya demi pahala.

Sepengetahuan saya, tidak ada dalam al-Qur’an yang menyebutkan bahwa kita beribadah untuk mendapat pahala. Yang ada adalah li wajhillah, li ibtigha’a mardhatillah, atau lebih khusus lillah. Tidak ada ibadah untuk masuk surga (li al-jannah) dengan terlebih dahulu menumpuk pahala. Ibadah itu artinya menghamba, lalu apa pantas seorang hamba meminta upah/pahala untuk kewajiban yang dilakukan pada majikannya?

Jadi, ibadah itu bukan mencari pahala, tetapi mencari pengalaman bathin yang mampu mendekatkan kita kepada Allah swt. Mencari pengalaman bathin yang mempu memperkaya hati kita, membuat peka hati kita untuk merasakan nikmat dan rahmat Allah swt yang senantiasa diberikan dalam hidup kita. Marilah ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: