PEMBELAJARAN GEOMETRI SESUAI TEORI VAN HIELE (Lengkap)
Posted by abdussakir on February 9, 2011
This entry was posted on February 9, 2011 at 4:33 am and is filed under Artikel.
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
You can leave a response, or trackback from your own site.
uud said
pak, saya boleh mnta copy buku referensi teori van hiele g?? kbetulan sya akan mengadakan pnelitian sehubungan dg it….
udh dcari cari, tpi bukunya tetp aja g ktemu… boleh y pak?
rani riadipta said
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ.,
Pak sya sedang mrncakan melakukan penelitian ttng teori van hiele, mmbndingkan cabri geometri dng geogebra, mna yng lebih efektif mningktkan level berpikir
Bsa minta komentar bapak??
Skalian sya bsa minta referensinya pak?? Krn sya ke gramed ngk dpt..
rani riadipta said
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ.,
Pak sya sedang mrncakan melakukan penelitian ttng teori van hiele, mmbndingkan cabri geometri dng geogebra, mna yng lebih efektif mningktkan level berpikir
Bsa minta komentar bapak??
Skalian sya bsa minta referensinya pak?? Krn sya ke gramed ngk dpt..
Bapak ini email sya
Raniriadipta_matematika@ymail.com
ANI said
ok…terimakasih…
ulil said
pak, saya juga sedang mengadakan penelitian teori van hiele, saya kesulitan mencari referensi buku dan jurnal mengenai teori van hiele karena disini belum tersedia, saya boleh minta copy buku referensi teori van hiele juga pak ?
abdussakir said
silahkan cek di email Anda. kabari saya kalau sudah sampai. terima kasih.
harmiati said
Assalamualaikum.Wr.Wb.
Pak, sya akan melakukan penelitian dengan judul penerapan teori van hiele untuk meningkatkan prestasi belajar matematika..tetapi saya kesulitan mencari referensi. Baik dlm bentuk buku ataupun jurnal. Pak, Bisa dikirimkan buku atau jurnal di e
Mail sya pak?
harmiati013@gmail.com
abdussakir said
Wa’alaikumumussalam wr wb
Coba cek diemailnya.
Terima kasih
abdi said
pak, saya juga sedang mengadakan penelitian teori van hiele, saya kesulitan mencari referensi buku dan jurnal mengenai teori van hiele. saya boleh minta copy buku referensi teori van hiele,pak? terima kasih.
abdussakir said
Buku tentang van hiele rata-rata sudah tidak mutakhir, sudah lebih dari 10 tahun lalu. Yang up to date justru dari jurnal. Banyak jurnal yang dapat didownload dari internet. Gunakan saja kata kunci geometry and van hiele theory di search engine google atau yahoo. Nanti tinggal pilih, yang berupa file pdf. Silahkan mencoba.
teuku irfan fajri said
salam pak , kaka saya di aceh mau bikin skripsi tentang penerapan teori van hiele pd pembelajaran geometri bangun ruang volum kubus dan balok,, tapi saya cari buku di gramedia gak nemu pak!
saya boleh minta copy buku referensi teori van hiele nya pak??
mohon dengan sangat bantuan bapak ya…
terimakasih
abdussakir said
pertama, kalau untuk mengajarkan rumus volum kubus dan balok, saya rasa teori van hiele tidak tepat. lebih tepat menggunakan metode penemuan, entah pendekatan realistik atau CTL.
kedua, teori van hiele lebih tepat untuk mengajarkan konsep, misal kubus dan balok itu apa definisinya dan sifat-sifatnya.
ketiga, buku tentang teori van hiele, rata-rata sudah lebih dari10 tahun lalu, jadi sudah murang mutakhir. untuk mencari yang mutakhir, silahkan search di google menggunakan kata kunci geometry and van hiele theory, tinggal pilih dan download. cari yang pdf file.
haniatyadiputra said
pa.. saya lg tugas bikin seminar ttg teori van hiele.. dan biografi dari van hiele hrus dicantumkan.. saya kesulitan mencari biografi ttg van hiele pak.. mungkin bapak ada refensinya? mohon bantuannya,..
abdussakir said
saya tidak memiliki buku biografi van hiele. dan buku yang ada di saya tentang teori van hiele, bukan buku karangan van hiele sendiri, tapi artikel orang lain tentang teori van hiele, dan sudah kurang mutakhir sebagai bahan rujukan, mungkin bisa di search di internet, dengan kata kunci biography Pierre Marie van Hiele dan Dina van Hiele-Geldof yang hidup sekitar tahun 1950-an. selamat mencoba.
antin said
pak, saya sedang mengadakan penelitian yang berhubungan dengan tingkat berpikir siswa tuna netra berdasarkan teori van hiele,, saya mohon bantuan referensi karena saya kesulitan mencari referensi yang menkaji penerapan teori van hiele kepada siswa tuna netra
terima kasih dan mohon bantuannya
abdussakir said
wah, saya belum dapat membayangkan bagaimana level berpikir van hiele jika dikenakan pada siswa tuna netra. tahap pertama van hiele adalah visualisasi, yaitu anak mengenal konsep berdasarkan penampakannya. lalu bagaimana penampakan konsep, misal lingkaran, pada anak tuna netra? belum tahu saya caranya. mungkin dengan meraba, mereka bisa.
ide anda sangat menarik, tetapi terus terang referensi tentang teori van hiele tidak ada yang membahas pada siswa tuna netra. bisa saja anda ambil analognya. kalau siswa normal menggunakan mata pada tahap visualisasi, tetapi pada siswa tuna netra menggunakan sentuhan tangan, lalu tahap analisis dan deduksi informal sama.
referensi yang ada di saya, ada 3 buku dan beberapa artikel, yang juda saya peroleh secara online. kalau sekiranya diperlukan, saya email.
tapi, bolehkah saya kenal anda lebih detil, sehingga saya tahu dengan siapa berkomunikasi. misalnya nama, kuliah dimana, dan lainnya yang memang layak diperkenalkan.
terima kasih.
Abdussakir.
syed zainal said
nak tanye van hiele ngan hoffer adakah orang yang same… sebab saye sedang mencari maklumat tentang hoffer tapi maklumat yang saye dapat ialah tentang teori van heile
abdussakir said
Menurut pengetahuan saya, tidak sama, Bang.
agustan s. said
pak sy rencana mneliti teori belajar van hiele.sy minta buku yg berhubungan dgn teori belajar tsb.
abdussakir said
Referensi yang ada di saya, ada 3 buku, dan beberapa artikel yang juda saya peroleh secara online. dapat didownload langsung dari internet. tentang buku, bukan buku asli karangan van hiele.
AGUSTAN S. said
bisa minta referensinya ya pak?berhub.dengan buku yang bapak punyai
eva said
assalammualaikum,
selamat siang bapak, saya eva..
saat ini saya tengah mendapatkan tugas pengembangan bahan ajar, dan materi yang saya kembangkan adalah vektor..
saya ingin menanyakan, apakah model van hiele dapat diaplikasikan untuk menjelaskan konsep vektor pada dimensi dua dan dimensi tiga? bilamana dapat, contohya seperti bagaimanakah? terimakasih bapak. :)
abdussakir said
wa’alaikum salam. Maaf baru buka email. Meskipun bisa, mungkin kurang efektif. Saya rasa lebih cocok dengan Teori Tiga Dunia Matematika, oleh David Tall. Khususnya silahkan browsing tulisan-tulisan Sepideh Stewart, sebagai contoh bagaimana menggunakan Teori David Tall tersebut untuk Aljabar Linear.
Tiga Dunia Matematika itu adalah dunia embodied, dunia symbolic, dan dunia formal.
Skenario sederhana bisa seperti berikut.
Tahap embodied: ditampilkan gambar-gambar vektor sebagai garis berarah pada dimensi 2 atau dimensi 3.
Tahap symbolic: sudah menggunakan simbol-simbol, misal koordinat (a, b) atau (a, b, c) untuk menyatakan vektor.
Tahap Formal: sudah pada definisi formal vektor, v = ai + bj dan sifat-sifatnya.
Selamat mencoba.
eva said
ohh iya bapak.. terimakasih :)
AGUSTAN S. said
Assalamu alaikum wr.wb. pak saya sementara nyusun proposal tesis tentang profil berfikir geometri van Hiele siswa, namun untuk nyusun latar belakang saya susah karena kurang mendapatkan fakta tentang rendahnya pemahaman siswa terhadap materi geometri yang akurat dan ter up-date.jadi mohon referensinya pak berhubungan hal tersebut. agustan s
abdussakir said
Untuk buku, kebanyakan saya membaca dari buku-buku di perpustakaan. Yang saya cantumkan dalam referensi itu, sebagian besar buku yang tidak saya miliki. Kalaupun saya miliki, seperti Bobango, ini termasuk yang kurang au to date. Awal artikel ini sebenarnya cukup memberikan gambaran tentang rendahnya prestasi geometri. Untuk yang lebih akurat, lihat langsung ke sekolah. Wawancara guru atau tes langsung dengan materi geometri, lihat hasilnya. Ini sudah menjadi fakta yang penting.
mathematiclife said
pak tlng donk saya diajari gimana caranya buat LKSnya yang mengarah pada masing2 tahap…saya paham tp menuangkannya dalam kalimat itu agak susah..bingung mau mulai darimana ?
mohon bantuannya ya pak…….makasih
yulis said
asslmkum…pak, saya sekarang sedang mengerjakan skripsi tentang van hiele tetapi saya kesulitan mencari jurnal yang dibuat oleh pak budiarto yang menjadi rujukan skripsi bapak,, apakah bapak masih punya? sebelumnya terima kasih..wasslmkm
FitrianaHastika said
Asslm. Pak, saya mau bertanya juga.
Apakah teori van Hiele cocok untuk diterapkan pada pembelajaran konsep Hubungan Sudut-sudut pada Garis-garis Sejajar?
Terima kasih banyak atas jawabannya.
abdussakir said
Perlu dicoba, meskipun mungkin untuk tahap 0, perlu bimbingan lebih banyak, untuk mengenalkan istilah sehadap, berseberangan, dll.
angger said
Slamat malam. Saya angger kusuma, kuliah di universitan tanjung pura pontianak. Butuh referensi buat skripsi saya. Karna sangat sulit memperoleh buku pak. Sekiranya saya boleh meminta soft copy referensi van hiele dan ebook anda..
Anvianretno@gmail.com
angger said
Sekiranya saya boleh minta referensi buku van hiele, untuk skripsi saya. Susah mencari buku van hiel. Unv, tanjung pura pontianak. Mohon bantuan.
Anvianretno@gmail.com
abdussakir said
Silahkan nanti cek di emailnya. Semoga alamat emailnya tidak salah. Atau bisa dibrowsing langsung di internet dengan kata kunci “teori van hiele”
abdussakir said
Saya sudah mengirim beberapa file yang diminta dan mungkin bermanfaat. Apakah sudah diterima? Terima kasih.
Sri Eka Wahyuni said
assalamu’alaikum pak..
saya mahasiswa s1 pendidikan matematika unj. saya sedang menyusun proposal penelitian dengan judul skripsi:
mengembangkan pemahaman konsep geometri siswa pada materi sifat-sifat bangun datar segi empat dengan teori van hiele dengan pendekatan PMRI. saya bingung latar belakang saya karena setelah diperiksa dosen belum bener pak..
saya ingin bertanya, apakah teori ini dpat dilakukan dengan pendekatan PMRI karena menurut saya tahapan teori van Hiele sesuai dengan prinsip PMRI.. apakah hal ini perlu saya paparkan dalam latar belakang saya pak?
satu lagi pak, untuk penggunaan model bangun datar apakah bapak memiliki referensi? model apa yang sesuai dan bagaimana proses berpikir siswa dengan model tersebut,,
terimakasih atas waktu dan jawabannya pak..
wassalam
abdussakir said
wa’alaikum salam wa rahmatullah.
Memang benar, teori berpikir van Hiele mulai visualisasi (mulai benda nyata atau gambar,
atau sesuatu yang realistik (PMRI)), analisis (sifat-sifat), sampai deduksi informal
(membuat definisi sesuai sifat yang ada) memang memiliki banyak kemiripan/kesamaan
dengan pendekatan Realistik. Jadi, memang dapat dilakukan.
Hanya kendalanya, akan memberi hambatan tersendiri karena harus membahas 2 (dua)
teori (van Hiele dan PMRI) lalu memadukannya.
Menurut hemat saya, kalau masih mungkin, lebih baik memilih salah satu.
Seandainya memilih van Hiele, meskipun nanti akan menggunakan prinsip-prinsip PMRI,
maka tidak perlu menyebut itu pendekatan PMRI.
Toh nanti akan tetap belajar kelompok, tetapi tidak akan menyebut itu cooperative learning.
Toh nanti akan menemukan sesuatu, tetapi tidak akan menyebut itu metode penemuan.
Jadi, gunakan satu kacamata teori saja.
Untuk materi bangun datar segi empat,
VISUALISASI
gunakan model nyata (pemukaan meja, pintu, papan, lapangan,
dll), lalu gunakan gambar,
ANALISIS
lalu identifikasi sifat pada model,
DEDUKSI INFORMAL
lalu mencoba membuat definisi.
Ini melihatnya secara van Hiele, meskipun juga terlihat sebagai PMRI.
sri eka wahyuni said
terimakasih atas jawabannya pak, pikiran saya jadi lebih terbuka. seperti yang bapak sebutkan bahwa “Seandainya memilih van Hiele, meskipun nanti akan menggunakan prinsip-prinsip PMRI,
maka tidak perlu menyebut itu pendekatan PMRI.
Toh nanti akan tetap belajar kelompok, tetapi tidak akan menyebut itu cooperative learning.
Toh nanti akan menemukan sesuatu, tetapi tidak akan menyebut itu metode penemuan”
saya pilih salah satu saja ya pak, karena ketika saya berikan aktivitas yang telah saya rancang dengan van Hiele dan PMRI, dosen saya masih belum menemukan prinsip PMRI nya pak, karena beliau tidak melihat permasalahan atau konteks yang sesuai dengan prinsip PMRI dalam kegiatan saya. dan saya juga bingung bagaimana caranya kegiatan dimulai dengan masalah konteks karena saya mengikuti kegiatan yang di sarankan van Hiele dengan potongan 7 mosaik puzzle.
penelitian saya dengan metode design research pak, apakah bapak pernah melakukannya?
vivi julia ervita sari said
ass pak
saya mw minta bantuan bpk…
hmm saya mw mencri buku mngenai teori va hiele, tetapi uku yang rsangkutan sulit untuk di temukan. . .
bisa saya mintak copy’n buku bpk??
sblumnya trima ksih
vivi.kamek@yahoo.com
abdussakir said
Saya sudah mengirim beberapa file. Apakah sudah diterima? Terima kasih.
itha said
assalamualaikum,
pak saya ita dari uns, saat ini saya sedang mendapat tugas makalah mengenai problematika pembelajaran geometri khususnya lingkaran, apakah teori van heile ini efektif ya pak? kalau digunakan untuk pembelaran lingkaran??
abdussakir said
Kalau untuk penanaman konsep lingkaran sangat cocok. Tapi kalau untuk memahamkan rumus luas atau keliling lingkaran, lebih tepat dengan metode penemuan. entah nanti melalui CTL (contextual teaching learning) atau RME (realistics mathematics education), atau bahkan cooperative learning. intinya, dengan penemuan terbimbing (quided discovery).
Maaf, baru buka email.
eny suryowati said
pak,saya boleh minta referensi bpk yaitu Pembelajaran Geometri dan Berpikir Geometri. Dalam prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Milenium III” oleh mega teguh budiarto…untuk tambahan referensi saya,saya sedang ngerjakan tesis.
eny suryowati said
maaf pak, saya juga butuh buku ini Clements, D.H. & Battista, M.T.. 1992. Geometry and Spatial Reasoning. Dalam Grouws, D.A. (ed). Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. New York: MacMillan Publishing Company..
kalau boleh saya minta dicopikan dengan yg sebelumnya( yg pak mega),uang ganti fotocopi nanti saya transfer..saya kesulitan mencari buku ini…kalau bisa secepatnya ya pak…
abdussakir said
maaf, referensi itu adanya di perpus PPS UM, dan saya tidak memiliki. atau silahkan browsing di internet, dengan mengetik judul artikelnya, atau nama pengarangnya.
eny suryowati said
ok terimakasih pak…
aidi said
boleh minta referensi buku g ?
abdussakir said
saya anjurkan untuk browsing di internet. yang ada di saya hanya tinggal 2 buku: dan itupun kumpulan banyak artikel, yaitu Crowley itu dan Bobango.
Iyeng Sugiyem said
Thank you so much. Pak tolong dikirimi copy refernsi vanhiele model dan budiarto utk ptk geometri diPAUD.
endah edelweis said
anda menuliskan “Sesuai penelitian Sunardi (2001) ditemukan bahwa banyak siswa salah dalam menyelesaikan soal-soal mengenai garis sejajar pada siswa SMP dan masih banyak siswa yang menyatakan bahwa belah ketupat bukan jajargenjang.” tetapi tidak ada daftar rujukannya. mohon bpk mencantumkan rujukan sunardi (2001) tersebut. terima kasih :)
abdussakir said
Sunardi. 2001. Hubungan antara Usia, Tingkat Berpikir dan Kemampuan Siswa dalam Geometri. Dalam prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Milenium III”. Jurusan Matematika FMIPA ITS Surabaya. Surabaya, 2 Nopember.
ary said
Terima kasih atas informasi yg bapak sampaikan, ini sangat membantu saya dalam pemilihan judul mengenai problematika yg diberikan kepada sy, oya saya mau tanya pak..apasih perbedaan antara teori van Hiele dan PMRI
abdussakir said
Teori van Hiele adalah teori tentang tahap berpikir anak ketika belajar geometri.
PMRI adalah teori tentang pembelajaran matematika, secara umum, tida terbatas pada geometri.
makalah teori belajar menurut Van Hiele | tuluskusnul said
[…] https://abdussakir.wordpress.com/2011/02/09/pembelajaran-geometri-sesuai-teori-van-hiele-lengkap/ […]
nyoman murdiana said
Semestinya untuk pembelajaran geometri digunakan Lima Fase Pemb Van Hiele yaitu (1) fase informasi, (2) fase orientasi terarah, (3) fase penegasan, (4) fase orientasi bebas dan (5) fase integrasi. Sedangkan tahap berpikir itu berguna untuk mengetahui pada tahap mana level berpikr siswa, apakah pada tahap visualisasi, analisis, dst. Setelah mengetahui level berpikir siswa lalu guru menggunakan lima fase pembelajaran van hiele untuk meningkatkan level berpikirnya.
abdussakir said
Memang benar bahwa ada teori berpikir van Hiele (5 level) dan ada teori belajar van Hiele (5 fase). Teori belajar van Hiele memang dirancang untuk sesuai dengan teori berpikir van Hiele dan mempercepat peningkatan level berpikir. Selain itu, teori berpikir van Hiele memang khusus pada materi Geometri, meskipun mungkin dapat disesuaikan untuk materi yang lain. Sebagai contoh, teori berpikir van Hiele mulai diterapkan untuk tahap berpikir dalam pembuktian matematika.
Dalam pembelajaran geometri sendiri, kemudian berkembang 2 alternatif tentang van Hiele. Pertama, melakukan pembelajaran yang di dalamnya memuat aktivitas-aktivitas yang disesuaikan dengan level berpikir van Hiele (misal artikel saya). Ini melahirkan judul misalnya Pembelajaran … sesuai Teori Berpikir van Hiele. Kedua, melakukan pembelajaran yang di dalamnya mengikuti fase-fase pembelajaran van Hiele. Ini melahirkan judul misalnya Pembelajaran … sesuai Teori Belajar van Hiele. Jadi, sesuai teori berpikir van Hiele, tidak mesti harus menggunakan teori belajar van Hiele.
Terima kasih.
sri ulfa said
thaks ,,
tiwi said
Bagaimana menurut Bapak dengan penelitian saya pengembangan perangkat pembelajaran berbasis tahap berpikir van hiele dan teori belajar bruner pada hubungan panjang busur, sudut pusat, dan luas juring?
kalau boleh saya juga minta tolong untuk dikirimkan via email refrensi buku yang bapak telah kirimkan ke yang lainnya juga///
terimakasih
abdussakir said
saran saya, kalau materi lebih ditekankan pada penanaman konsep, maka teori van Hiele dapat diterapkan.
Tapi kalau lebih banyak pada penemuan rumus/aturan, maka sebaiknya menggunakan metode penemuan atau lainnya.
Terima kasih.
Dede Rusyda said
Pak, apakah teori van hiele ini bisa diterapkan dalam pembelajaran garis dan sudut kelas VII semester 2? soalnya saya lihat kebanyakan teori ini digunakan di SD.. Terimakasih
Dede Rusyda said
pak,saya juga minta file-file untuk van hiele ini ya..
rusydasygAllah@gmail.com
abdussakir said
saran saya, kalau materi lebih ditekankan pada penanaman konsep, maka teori van Hiele dapat diterapkan.
Tapi kalau lebih banyak pada penemuan rumus/aturan, maka sebaiknya menggunakan metode penemuan atau lainnya.
Terima kasih.
abdussakir said
saran saya, kalau materi lebih ditekankan pada penanaman konsep, maka teori van Hiele dapat diterapkan.
Tapi kalau lebih banyak pada penemuan rumus/aturan, maka sebaiknya menggunakan metode penemuan atau lainnya.
Terima kasih.
ratna said
Asslmkm
maaf Pak. saya masih dalam tahap penelitian “pembelajaran materi sudut dalam ruang dengan menggunakan software google sketchup”.
banyak teman2 yg usul untuk menggandengkannya dengan pendekatan atau model pembelajaran. menurut bapak teori van hiele ini bisa diterapkan pada materi sudut dalam ruang gak Pak?
terimaksh ^^
abdussakir said
Wa’alaikum salam wr. wb.
Saran dari teman-teman Anda layak dilakukan. Memang ada teori mengenai pembelajaran dengan bantuan komputer,
tapi rasanya masih kurang jika tidak diramu dengan teori pembelajaran tertentu. Untuk mengambil teori van Hiele
dalam pembelajaran, Anda perlu paham terlebih dahulu antara Teori Berpikir van Hiele (Jurnal saya ini) dan Teori Belajar van Hiele.
Lalu, pastikan Anda memilih yang mana.
Hanya saran saya, kalau materi sudut dalam ruang itu lebih ditekankan pada penanaman konsep, maka teori van Hiele dapat diterapkan.
Tapi kalau lebih banyak pada penemuan rumus/aturan, maka sebaiknya menggunakan metode penemuan atau lainnya.
Terima kasih.
ekinocweet said
Asslmkm,maaf Pak kalo boleh saya juga mau nyari referensi buku tentang teori van hiele?
saya mau mengajukan pertanyaan, menurut bapak bedanya Tingkat Kemampuan Berpikir Geometri dan tingkat pemahaman geometri kalo dilihat dersasarkan Teori Van Hiele itu seperti apa Pak?
soalnya saya menemukan referensi tentang teori van hiele dilihat dari sudut pandang berpikir dan pemahaman geometrinya….
Terima Kasih….
abdussakir said
Melihat tulisan “The van Hiele Levels of Geometric Understanding” karangan Marguerite Mason
Assistant Professor of Mathematics Education University of Virginia, Charlottesville, Virginia
maka tidak ada bedanya antara berpikir geometri menurut van Hiele dan pemahaman geometri menurut van Hiele.
Keduanya sama-sama membahas 5 level mulai visualisasi, analisis, deduksi informal, deduksi formal, dan rigor.
Hanya saja, boleh jadi istilah berpikir lebih diarahkan pada bagaimana siswa memikirkan objek geometri.
Pemahaman lebih diarahkan pada bagaimana siswa memahami objek geometri. Tapi, keduanya tetap pada 5 level tadi.
Wiwi Syarifah said
Assalamu’alaikum……Bapak membaca artikel bapak sungguh luar biasa….jika diperbolehkan saya ingin referensi metode Van hiele yang ada di bapak……kebetulan saya membuat sebuah penelitian model pembelajran van hiele untuk kelas II Madrasah Ibtidaiyah…..pas saya baca artikel bapak pas banget…. ditunggu balasannya di email saya nengfah05@gmail.com syukron pak… ^_^
devika elyana said
Assalamu’alaikum pak. saya beberapa bulan yang lalu minta referensi buku tentang teori van Hielle pada bapak. Saya kebingungan menulis daftar pustaka untuk skripsi saya. saya boleh minta sumber dari referensi-referensi tersebut pak?
abdussakir said
referensi buku
Penulis. Tahun. Judul. Kota: Penerbit
referensi jurnal
Penulis. Tahun. Judul. Nama Jurnal. Volume … Nomor …. Halaman ….
Aspek itu bisa dilihat di naskah yang dirujuk.
devika elyana said
Assalamu’alaikum pak. Pak, saat ini saya sedang skripsi dan saya mengambil judul prosese berpikir sisiwa SMP klas 8 menyelesaikan permasalahan bangun ruang berdasarkan teori van Hielle. Untuk analisis soalnya saya diminta untuk membuat 1 permasalahan yang dapat menganalisis ke lima tahap berpikir van Hielle. Dan saya kesulitan mencarinya. Kalau menurut bapak, saya harus mengambil permasalahan yang seperti apa agar permasalahan tersebut mampu menganalisis ke lima tahap-tahap van Hielle. Mohon bantuannya pak. Trimakasih sebelumnya…..
abdussakir said
Mohon maaf, baru buka blog.
miftah said
selamat pagi pak, saya sekarang sedang mengerjakan penelitian dengan teori van hiele dan saya kesulitan untuk mencari bukunya,sekiranya bapak bisa membantu saya.
ini alamat e-mail saya :miftah295@yahoo.com.
terima kasih.
abdussakir said
Mohon maaf, baru buka blog. Sebenarnya jurnal tentang van Hiele mudah didapat di internet. Gunakana kata kunci “van Hiele in geometry”.Tinggal pilih yang sesuai. selamat mencoba.
Nurdin said
pa bagaimana penggunaan teori van hiele dalam menerapkan konsep luas daerah jajargenjang di sd?
abdussakir said
Mohon maaf, baru buka blog. Sebenarnya teori van Hiele lebih cocok untuk mengajarkan konsep.
Silahkan browsing jurnal di internet tentang van Hiele. Banyak yang bagus dan mungkin sesuai yang diharapkan.
fahril said
pak boleh minta buku referensinya soalnya penelitian saya mengenai penerapan teori belajar van hiele. terima kasih sebelumnya
abdussakir said
Mohon maaf, baru buka blog. Sebenarnya jurnal tentang van Hiele mudah didapat di internet. Gunakana kata kunci “van Hiele in geometry”.Tinggal pilih yang sesuai. selamat mencoba.
Ismi Hanifa said
Assalamu’alaykum Bapak, saya Ismi dari UNJ. Saya sedang membuat proposal penelitian dan ingin meneliti ttg proses penemuan panjang garis singgung dua lingkaran. Saya memulainya dari panjang lilitan, panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, kemudian panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
Saya ingin menggunakan pendekatan PMRI dan teori van hiele. Bagaimana menurut Bapak? Apakah tepat penggunaan pendekatan PMRI dan teori van hiele dalam pembelajaran ini?
Terima kasih
abdussakir said
Wa’alaikumussalam. Menurut saya cukup menggunakan PMRI. Boleh saja digabung van Hiele.
Tinggal sesuaikan tahap berpikir van Hiele, aktivitas/indikator tiap tahap dengan aktivitas
yang dirancang untuk menemukan rumus itu. Indikator tiap tahap dapat dilihat di tulisan saya itu
atau download di internet.
Terima kasih.
Miftah said
Assalamualaikum…
pak,Saya sedang mengadakan penelitian dan ingin meneliti tentang segiempat menggunakan van hiele….
kalau bapak berkenan, saya minta referensinya.
Terima kasih.
Wassalamualaikum.
Ikhsan said
Assalamualaikum…
Saya Ikhsan dari Universitas Mulawarman Samarinda saya tertarik dengan teory Van hiele terhadap bangun geometri, bisakah saya mendapatkan referensi buku atau jurnal dari bapak? Jika bisa tolong dikirim ke email saya (ikhsansio@yahoo.co.id). Terimakasih, Salam Sukses
abdussakir said
Wa’alaikumussalam …
Mohon maaf yang sebesar-besarnya, saya baru membuka lagi blok saya.
Jika masih belum terlambat, sebenarnya dapat Anda download langsung dari internet
dengan search engine google. Gunakan kata kunci “van Hiele theory”, tinggal memilih
referensi yang sesuai. Saya juga mendapatkan dengan cara yang sama.
Terima kasih.
fanny said
Ass…. pak z sedang menyusun proposal untuk peelitian pak… boleh minta artikelnya bapak tentang pembelajaran geometri sesuai teori Van Hiele…. sy sudah cari2 pak tapi tidak dapat….. mohon bantuannya
abdussakir said
Wa’alaikumussalam …
Mohon maaf yang sebesar-besarnya, saya baru membuka lagi blok saya.
Artikel di atas dapat digunakan sebagai rujukan. Kalau artikel lain, sebenarnya dapat Anda download langsung dari internet
dengan search engine google. Gunakan kata kunci “van Hiele theory”, tinggal memilih
referensi yang sesuai. Saya juga mendapatkan dengan cara yang sama.
indiyani iin said
assalamu’alaikum,,
pak, saya mau mengadakan penelitian pengaruh teori belajar van hiele terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, menurut bapak itu sesuai tidak pak, dan sayapun sekarang msih mencari referensinya (saya baru pnya 1 buku), kalau boleh saya mau minta copy referensi dari bapak?
terimakasih pak,:)
abdussakir said
wa’alaikumussalam …
teori ini lebih banyak digunakan di geometri … jadi pemahamannya boleh di materi geometri khususnya pengenalan konsep.
beberapa research terbaru … juga sudah menggunakan pada tahap berpikir dalam pembuktian matematis.
jadi … boleh diteruskan. istilah “kemampuan pemahaman” cukup “pemahaman” saja.
damai said
assalamu’aliakum.
saya ingin membuat proposal skripsi tentang analisis kemampuan matematis rigor,tapi saya bingung referensinya serta apakah tahap rigor dalam tahap van heile ini dapat berdiri sendiri untuk bahan penelitian saya pak?
terima kasih
abdussakir said
wa’alaikumussalam ….
boleh saja meneliti kemampuan rigor siswa.
hanya masalahnya … siswa sekolah menengah masih lebih banyak berada di tahap sebelum rigor.
untuk berpikir formal deduktif, atau rigor, … lebih cocok di mahasiswa.
lebih spesifik lagi di kemampuan membuktikan.
irfan said
punya jurnal atau artikel tentang teori gagne ga gan?
abdussakir said
mohon maaf, saya baru membuka blog ini lagi.
saya tidak mempunyai artikel yang dimaksud.
teori itu sudah begitu “tua”.
salah satu yang membahas adalah buku karangan Ratna Wilis Dahar judulnya “Teori-teori Belajar”.
Mungkin di search di website, akan lebih mudah.
andini lis said
pak saya boleh minta refrensinya.
abdussakir said
Bisa dicek di emailnya.
inNah supriadi said
assalamualaikum pak. skrang saya lgi skripsi dengan judul keefektifan penerapan teori van heile pada materi geometri. ada enggak referensi mengenai itu karena di daerah tempatku susah mendapatkan bukunya
abdussakir said
wa’alaikumussalam …
Referensi cek di email, atau search sendiri di google dengan kata kunci “van Hiele theory”.
Indah Nurkholidah said
Assalamualaikum, wr, wb, pa saya indah nurkholidah mahasiswi uin jakarta saat saya sedang menyusun skripsi dan judul skripsi saya Pengaruh RME terhadap kemampuan visualisasi pada tahapan geometri van hiele, sya mash bingung dengan judul sya ini, menurut bapak bagaimana? saya bru dapt 1 referensi hanya 1, sya mohon bantuannya jika ada refensi lain. Terimakasih indahnurkholidah@ymail.com
abdussakir said
wa’alaikumussalam wr wb.
tentang judul memang bagus spesifik di tahap visualisasi.
hanya sebenarnya … pembelajaran (geometri khususnya) ingin agar siswa
sampai ke tahap tertinggi, misal deduktif informal atau bahkan rigor.
jadi boleh juga judulnya diganti
“Pengaruh RME terhadap tahapan berpikir geometri siswa berdasarkan Teori van Hiele”
Analisisnya dilakukan dengan membandingkan kelas kontrol (non RME) dengan
kelas eksperimen (RME) … kelas mana yang mencapai tahap tertinggi dalam berpikir sesuai van Hiele.
Selamat mencoba dan semoga sukses.
Referensi cek di email, atau search sendiri di google dengan kata kunci “van Hiele theory”.
Indah Nurkholidah said
penelitian saya di Madrasah ibtidaiyah menurut bapak lebih tepatnya dikelas berapa yah? tanks
abdussakir said
di materi pengenalan bangun datar atau bangun ruang.
mungkin kelas 4 ke atas.
indah nurkholidah said
Terimaksih banyak pak atas sarannya :)
oya filenya sudah saya terima tapi file yang pertama bapak kirim tidak bisa didownload. file van hiel 6 dan 7 zalman usiskin tidak bisa dibuka
Bobby R Purba said
salam pak, kira-kira toeri belajar van hiele cocok gak dengan materi dimensi tiga?
AZRIL HIA said
Assalamu’laikum..
Pak saya berencana meneliti tentang pembelejaran van hiele pada materi sudut SMP, mohon bantuan referensinya pak. Wassalam
alivi said
assalamualaikum, pak. saya vivi mahasiswa UNEJ. saya sedang menyusun skripsi pengaruh penerapan teori van hiele pada materi segitiga, persegi dan persegi panjang. tapi saya mengalami kendala dengan referensinya, saya minta tolong jika bapak memiliki referinsi yang lain boleh saya minta filenya?
ini alamat email saya alivikarimah566@yahoo.com
terima kasih
riska anita said
assalamualaikum pak, saya riska anita saat ini saya sedang menyusun seminar dan judulnya tentang pembelajaran matematika yang mengacu pada teori van hiele pada materi bangun ruang sisi datar,, boleh saya minta referensinya pak??
terimakasih pak sebelumnya, wassalam.
Fauzi Andi Hidayat said
Assalamualaikum pak….saya Fauzi Dari Universitas Tanjungpura Pontianak. Untuk menyelesaikan tugas akhir sy, sy perlu referensi tentang pembelajaran van hiele. Oleh karena itu, berkenankah bapak membantu saya. Saya mohon dengan sangat pak. Saya sertakan email saya. fauziandi_h@yahoo.co.id . terimakasih sebelumnya . wasalamualaikum wr wb
ali said
Assalamualaikum pak saya ali dari UIN Jakarta. saya ingin bertanya pak, apakah ada buku referensi langsung dari van hiele berbahasa inggris atau indo yang membahas teori van hielle. saya sedikit kesulitan dalam hal sumber terimakasih. wassalamualikum.
email: alliyussyamls@gmail.com
abdussakir said
Wa’alaikumussalam wr wb.
Saya sudah mencoba mengirim file ke email mas Ali tetapi failure (gagal). Apakah alamat emailnya sudah benar?
Terima kasih.