Abdussakir

Dzikir, Fikir, dan Amal Shaleh

Matematika Akhlak

SHADAQAH DALAM OPERASI PENGURANGAN

Rasulullah SAW bersabda bahwa “tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah”. Para ulama sepakat memberikan pemaknaan bahwa “memberi adalah lebih baik daripada meminta”. Memberi tentunya mempunyai pengertian yang begitu luas, memberi harta, memberi makan, memberi ilmu, memberi kesenangan, dan memberi hal-hal yang lain yang tidak bertentangan dengan syari’at Islam. Memberi dalam Islam seringkali identik dengan kata shadaqah, meskipun tidak sepenuhnya sama. Memberi tidak selamanya merupakan shadaqah, tetapi shadaqah pasti memberi. Berikut ini akan penulis coba ilustrasikan bagaimana shadaqah dapat diaplikasikan dalam operasi pengurangan.

Secara matematik, urutan operasi hitung dasar adalah (1) penjumlahan, (2) pengurangan, (3) perkalian, dan (4) pembagian. Namun, secara psikologis, urutan itu adalah (1) penjumlahan, (2) perkalian, (3) pengurangan, dan (4) pembagian. Mengapa? Karena penjumlahan adalah yang paling mudah bagi siswa.  Penjumlahan berulang adalah perkalian, sehingga perkalian menempati urutan kedua. Pengurangan pada urutan berikutnya, meskipun sebenarnya secara matematika, pengurangan adalah operasi balikan (inverse) dari penjumlahan. Lalu pembagian, karena pembagian adalah pengurangan berulang.

Fakta menunjukkan bahwa operasi pengurangan benar-benar sulit bagi siswa. Misalnya untuk mengerjakan soal-soal berikut

a.       43 – 7 = ….

b.      102 – 89 = ….

c.       2000 – 789 = ….

Di kelas-kelas matematika, guru biasanya mengajarkan pengurangan bersusun dan menggunakan istilah “pinjam” atau “hutang”. Hal ini tanpa disadari mengajari anak untuk “berhutang” dan “meminjam”. Guru tidak mengajari anak untuk memberi atau bersedekah. Padahal dengan cara memberi atau shadaqah, pengerjaan operasi pengurangan akan lebih mudah. Perhatikan contoh berikut.

a.       43 – 7 = (43 + 3) – (7 + 3) [Kedua bilangan sama-sama diberi 3]

           = 46 – 10

           = 36

b.      102 – 89 = (102 + 1) – (89 + 1) [Kedua bilangan sama-sama diberi 1]

               = 103 – 90

               = 13

Atau

102 – 89 = (102 + 11) – (89 + 11) [Kedua bilangan diberi 11]

               = 113 – 100

               = 13

c.       2000 – 789 = (2000 + 11) – (789 + 11)

                   = 2011 – 800

                   = 1211

            Bagaimana? Bukankah lebih mudah dengan cara shadaqah daripada meminjam atau berhutang. Silahkan coba di kelas Anda.

7 Responses to “Matematika Akhlak”

  1. hanifah said

    menginspirasi saya untuk lebih menerapkan nilai-nilai islam dalam pembelajaran,,,sukron

  2. asbo58 said

    terima kasih! disaat akan sedang membelajarkan matematika realistik yang memberikan pengalaman pada anak saya mendapat dari contoh tersebut, mohon download artikelnya terima kasih

  3. ainur said

    Bagaimana dengan bilangan yang negatifnya lebih besar? misalnya: 53 – 105 =
    cara menjelaskan kepada anak didik kita bagaimana agar nilai-nilai islamnya tetap ada?

    • abdussakir said

      Untuk kasus ini, bisa dimaknai dengan cara berbeda dibanding yang ada di tulisan saya. Bisa saja dimaknai, misalnya kalau amal baik lebih sedikit daripada amal buruk, maka masih dominan amal buruknya. 53 – 105 = 53 + (-105). Hanya saja, perlu hati-hati memberi makna.

      • ainur said

        apakah dalam kasus ini ada cara penyelesaian yang mudah? seperti yang dijelaskan dalam artikel bapak misalnya. kalau 53 – 105 = 53 + (-105) hanya kita jelaskan maknanya seperti itu, akan tetapi cara penyelesaiannya tetap menggunakan cara bersusun berarti kita masih mempunyai permasalahan untuk memasukkan nilai-nilai islam dalam menjelaskan operasi bilangan bulat kepada anak didik kita. karena operasi yang bilangan postifnya lebih besar daripada negatifnya juga bisa dimaknai amal baik (bilangan positif) lebih besar daripada amal buruk (bilangan negatif).

  4. Asep Syamsudin said

    this is the brilliant idea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: